Sunday, 30 December 2012

Tips Bagaimana Solusinya Apabila BlackBerry Mengalami JVM Error 102 Tanpa Wipe | Jeruk Nipis


Solusi wipe dengan JL_Cmder dan mengisntall ulang OS BlackBerry bisa terjadi lantaran Anda mungkin mempunyai Backup. Apabila Anda mempunyai Backup terbaru solusi tersebut tidaklah menjadi masalah. Tetapi apa yang terjadi apabila Anda tidak mempunyai Backup sama sekali? Mungkin Anda mempunyai Backup an sudah lebih dari 3 bulan yang lalu. Otomatis segala isi data tidak terupdate..
Kasus yang terjadi memang sesungguhnya terjadi pada BlackBerry tipe Bold Touch 9930 milik salah seorang penulis di CrackBerry. Pada kasus ini yang terjadi adalah JVM Error 102. JVM Error 102 ini pada dasarnya adalah pesan error yang ditampilkan di layar BlackBerry karena cod file ada y ang corrupt. Maka BlackBerry Anda pun tidak berhasil me load file yang corrupt tersebut. Tetapi apabila terjadi pada Anda, jangan coba di wipe dulu, tetapi gunakan JL_Cmder untuk memperbaiki tapa harus mewipenya. Download aplikasi JL_Cmder di sini lalu install ke PC Anda (untuk Mac tidak tersedia). Siapkan kabel data dan pastikan BlackBerry Anda mempunyai daya baterai yang cukup minimal 50%
Baiklah, sekarang kita mulai langkah-langkahnya:
  • Asumsinya adalah Anda sudah menginstall software JL_Cmder. Maka hubungkan BlackBerry Anda dengan kabel data ke PC lalu jalankan aplikasi JL_Cmder di PC.

  • Setelah JL_Cmder terbuka, pilih “Event Log”. Mungkin harus beberapa kali coba untuk sampai terbuka, entah kenapa memang begitu adanya.

  • Scroll ke paling bawah di log tersebut, dan lihat JVM error 102. Pada baris sebelumnya pasti akan terlihat file apa yang menyebabkan error. Catat nama file tersebut di kertas. Contohnya seperti pada gambar diatas, nama file di outline merah muda
  • Dari PC, masuk ke Start -> Run lalu ketik “cmd” dan tekan enter
  • Setelah masuk ke command prompt, masuk ke direktori dimana aplikasi JL_Cmder terinstall di PC Anda. Dengan mengetik: cd "C:\Program Files\JL_Cmder\   Pastikan nama folder JL_Cmder anda benar apabila tidak pasti direktori Anda tidak akan ditemukan.
  • Ketik perintah untuk membuang file yang corrupt tersebut:   javaloader.exe -u erase -f FILENAME
              FILENAME adalah nama file yang error tadi yang Anda catat di kertas.
  • Setelah selesai, cabut BlackBerry dari PC, dan coba restart. Seharusnya apabila langkah-langkah Anda benar maka BlackBerry Anda akan booting secara normal kembali
Tips ini mudah-mudahan berguna. Tetapi alangkah baiknya lakukan backup minimal 1 minggu sekali agar BlackBerry Anda, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa lebih aman apabila harus di wipe. Simpan selalu backup an Anda di PC.
Sumber: Crackberry


Tips Bagaimana Solusinya Apabila BlackBerry Mengalami JVM Error 102 Tanpa Wipe | Jeruk Nipis:

'via Blog this'
Read more »

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Q-CELL.NET 2011

Template By Q-CELL.NET